image source : freepik.com

TIPS MENJAGA KESELAMATAN BAYI

BAGAMAN TIPS MENJAGA KESELAMATAN BAYI ANDA

Apa yang harus kita lakukan?

1, selalu menjaga bayi rapi dan bersih.

2, Potong kuku dengan baik dengan sangat hati-hati.

3, Popok yang sudah basah harus segera dilepas dan bagian-bagiannya harus dibersihkan dengan menggunakan sabun.

4, Rawat alat vital karena disebabkan infeksi jamur yang sering terjadi di area tersebut. Bagian vital harus disimpan di tempat yang bersih kering.

5, Perawatan kulit kepala sangat penting. Infeksi kuman jamur, dermatitis dll bisa dicegah dengan pembersihan yang tepat.

6, Pakaian ketat dapat menyebabkan iritasi, jadi gaun itu harus longgar dan udara harus masuk.

7, Ruangan yang di tempati seharusnya memiliki cahaya dan ventilasi yang cukup dan harus bebas dari debu yang mengganggu dan serangga.

8, tempat tidur terpisah, sebaiknya tahan air, diperlukan untuk anak-anak. Itu harus ditempatkan di dekat tempat tidur ibu.

9, Selalu simpan mainan pembuat musik di dekat bayi.

10, sambil menggendong bayi menopang kepala dengan tangan. Karena otot leher lemah, jatuh tiba-tiba dari kepala bisa berbahaya.

11, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, juga memberikan keterikatan emosional. ASI harus diberikan sesuai dengan kebutuhan bayi, sebaiknya dalam posisi duduk ibu. Pembersihan puting yang tepat juga diperlukan. Ibu harus mengikuti diet bergizi yang baik selama masa menyusui.
12, Jika ada kontraindikasi untuk menyusui, susu sapi bisa diberikan. Botol susu harus dibersihkan dengan air hangat dan tetap kering sampai penggunaan berikutnya.

13, Susu sapi harus direbus dan didinginkan. Beberapa jenis penyakit yang cukup berbahaya seperti bovine tuberculosis, brucellosis dll menyebar melalui susu mentah.

14, Beberapa anak kecil memiliki alergi terhadap beberapa zat seperti makanan, susu sapi, baju, zat kosmetik dll. Cobalah untuk mencari tahu bahan mana yang menyebabkan alergi dan hindari hal-hal tersebut.

BACA JUGA  Kekurangan Air Susu Ibu

15, kelambu harus digunakan secara teratur. Penyakit seperti malaria, demam berdarah, filariasis, demam kuning dan lain-lain ditularkan melalui gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan ruam dengan beberapa reaksi alergi. Ini juga mengganggu tidur yang sehat.

16, Untuk tidur malam yang nyenyak, suasana tenang harus dijaga. Dibandingkan dengan orang yang sudah dewasa, bayi lebih membutuhkan lebih banyak tidur. Disebutkan bahwa sekresi hormon pertumbuhan diaktifkan jika selama istirahat tidur.

17, Perkembangan pertumbuhan, perkembangan perilaku, perkembangan motorik, perkembangan sosial pribadi, perkembangan bahasa dll harus diperhatikan dalam kaitannya dengan usia. Namun, orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena sedikit variasi terlihat dari individu ke individu.

18, Penilaian pertumbuhan dengan mengukur tinggi dan berat badan diperlukan.

19, Pada bulan-bulan pertama kehidupan, bayi mungkin buang air besar setelah setiap menyusui. Pelatihan toilet yang pas dan tepat harus diberikan saat bayi baru tumbuh. Bayi dapat diletakkan di kursi toilet pada usia sepuluh bulan.

20, Toilet duduk (pispot) harus dibersihkan dengan cairan antiseptik sebelum dan sesudah digunakan. Seharusnya tidak dibagikan oleh anak-anak lain.
21, Jika bayi menunjukkan tanda-tanda distres seperti menangis berlebihan, kejang-kejang, demam disertai kaku, leher kaku, sering muntah dan diare, tubuh berubah warna menjadi kebiruan, sulit bernapas disertai geraman, dll, perhatikan dan konsultasikan ke dokter. .

22, Kotak P3K harus disimpan di dalam ruangan, yang harus berisi kapas steril, bahan pembalut, losion dan salep antiseptik, dan pinset. Sebuah buku terpisah harus disimpan untuk mencatat nomor telepon dokter, ambulans, polisi dll.

23. Obat-obatan anak harus disimpan dalam kotak terpisah. Informasi tentang dosis dan cara pemberian harus ditulis di atas kertas dan ditempel di kotak.

24, simpan bayi di sabuk pengaman terpisah saat mengemudi.

25, Saat Anda pergi bersama bayi, simpan kartu identitas dengan nomor telepon dan alamat Anda di saku kecilnya.

BACA JUGA  MENGAJAR ANAK BERJALAN.

26, Ketika bayi mulai berjalan, Anda harus selalu menemaninya untuk menghindari jatuh dan cedera.

27, Dalam keadaan kondisi darurat segerwa ambil tindakan pertolongan pertama dan segera bawa korban ke rumah sakit terdekat.

image source : freepik.com

Tersedak: – Bayi mungkin menelan beberapa benda padat dan menyebabkan obstruksi. Segera minta bayi berbaring tengkurap dengan kepala rendah dan dorong perut ke belakang dan ke arah dada. Membelai punggung bagian atas juga membantu. Jika tidak ada hasil, panggil orang yang terlatih untuk mengambil bahan dengan bantuan tang.

Keracunan yang Tidak Disengaja:– Cobalah untuk mengeluarkan zat beracun dan menyebabkan muntah (kecuali minyak tanah dan asam). Basuh tubuh dengan air untuk mengurangi penyerapan melalui kulit. Identifikasi pistol dan bawa korban ke rumah sakit.

Luka bakar: Pertama-tama lepaskan sumber panas dan tempatkan air dingin yang bersih. Pakaian yang terbakar tidak boleh langsung dilepas. Tutupi luka dengan kapas steril dan bawa ke rumah sakit terdekat.

Luka:–Bersihkan luka dengan air bersih dan hentikan pendarahan dengan mengompres, meninggikan luka di atas ketinggian jantung atau menggunakan torniket untuk menekan pembuluh darah. Kemudian tutup luka dengan kapas steril dan perban dan konsultasikan ke dokter.

Tenggelam di bak mandi:–Bawa bayi segera dan pegang kepala rendah, tekan perut dengan lembut atau hisap mulut ke mulut sampai jalan napas bersih. Berikan resusitasi mulut ke mulut dan kompresi dada dan bawa korban ke rumah sakit.

Sengatan Listrik:–Hentikan sumber listrik. Kemudian amati korban, jika tidak bernafas berikan nafas dari mulut ke mulut bersamaan dengan penekanan dada dan bawa ke rumah sakit.

28, Dan yang tak kalah pentingnya, berikan anak Anda perawatan, cinta, dan dukungan maksimal untuk membuatnya sehat dan bahagia selamanya.

Apa yang tidak harus kita lakukan?

1, tidak pernah mengguncang bayi, itu dapat menyebabkan kerusakan otak.

BACA JUGA  TIDUR SELAMA ANAK DAN MASA KECIL.

2, jangan menyimpan barang-barang kecil di dekat bayi.

3, Benda runcing tajam seperti pulpen, pensil, dll tidak boleh diberikan kepada anak-anak.

4, Hindari masuknya air ke telinga saat mandi.

5, makanan tidak boleh diberikan secara paksa jika bayi menangis atau batuk terus menerus.

6, tidak boleh memberi makan bayi secara berlebihan.

7, Barang-barang seperti pengusir nyamuk, kapur barus, tinta, permen karet, obat-obatan, dll harus dijauhkan.

8, hindari pakaian ketat.

9, tidak boleh diletakkan di dekat tepi tempat tidur.

10, tidak boleh memberikan bayi kepada orang asing dan menghindari kontak dekat dengan orang lain.

11, Semua instrumen listrik harus dijauhkan dan tempat tidur tidak boleh diletakkan di dekat soket dan kabel.

12, Dapur adalah tempat yang berbahaya bagi anak-anak. Jangan hanya menyimpannya di dapur.

13, ketinggian air di bak mandi harus minimal dan jangan pergi untuk pekerjaan lain (menelepon atau menelepon dll) saat bayi di bak mandi.

14, Hindari merokok di dalam rumah.

15, hewan peliharaan tidak boleh kontak dekat dengan anak-anak. (suntikan anti rabies harus diberikan kepada hewan peliharaan dan kukunya dipotong dengan benar)

16, Saat anak mulai berjalan, jangan dibiarkan sendiri di lantai atas dan jangan menaiki tangga.

17, Cahaya yang kuat harus dihindari di dalam ruangan.

18, Saat bepergian, jangan membawa makanan yang telah diberikan oleh sesama penumpang.

19, Bayi tidak boleh merangkak di lantai.

20, Jika Anda sakit atau orang lain sakit, harap jauhkan dari anak-anak.

21, jangan membawa bayi ke bangsal rumah sakit, pasar yang ramai dan daerah berdebu yang tercemar.

22, Lampu meja tidak boleh disimpan di dekat anak-anak, itu akan menarik serangga di malam hari dan menyebabkan masalah.

23, Obat-obatan lain tidak boleh diberikan kepada anak-anak.

24, Obat-obatan yang telah melewati tanggal kadaluwarsa tidak boleh digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.